Friday, October 17, 2014

Mendaftar Akun Scribd

Scribd.com adalah website berisi ratusan ribu konten ebook, baik yang berbayar maupun yang gratis. Untuk bisa membacanya kita harus registrasi (sign up) terlebih dahulu. Untuk konten ebook yang free kita bebas untuk membaca dan mendownload. Konten ini biasanyanya konten dari pelanggan scribd yang suka rela mengupload ebook miliknya dan membuatnya gratis. Sedangkan yang berbayar, ada dua jenis:

  • Bebas membacanya dengan syarat kita berlangganan scribd subscription (saat ini kita harus merogoh dompet kita $8.99 per bulan)
  • Kita harus membelinya (purchase) untuk tiap-tiap buku.
Untuk yang pertama, scribd subcription, kita bisa mencobanya secara gratis (free trial) selama satu bulan, dan bisa memperpanjang jangka waktu free trial beberapa minggu dengan cara ikut memasarkan scribd ke teman-teman kita. Skema yang dipakai seperti ini:


Kendala yang mungkin dihadapi sebagian besar, terutama di Indonesia, untuk membaca konten premium atau berbayar adalah keharusan menggunakan kartu kredit atau Pay pal untuk melakukan registrasi.
Jadi, Anda harus menyediakan kartu kredit yang masih aktif untuk mendaftar dan membaca konten berbayar. Namanya yang ada di kartu kredit tidak harus sama dengan nama saat mendaftar di Scribd.
Saya sudah pernah mencoba free trial scribd subcription, tapi langsung dicancel sebelum masa percobaannya berakhir. Jika tidak dicancel, kita akan dicharge $8.99 untuk bulan berikutnya. Yang perlu diperhatikan! Anda harus meng-cancel akun berlangganan di Scribd jika Anda tidak ingin membayar sama sekali.

Konten ebook premium di Scribd sebagian besar besar berbahasa Inggris, hanya beberapa saya lihat berbahasa Indonesia, itupun buku-buku yang tidak terkenal di pasaran, sepengetahuan saya lho. Jadi yang jago bahasa Inggris mungkin banyak yang tertarik untuk membaca di Scribd, untuk yang lainnya tentu harus belajar bahasa Inggris lebih giat. Saya lebih suka baca ebook non fiksi karena bahasanya menurut saya lebih mudah misalnya ebook tentang komputer, excel, google, social media, dsb. Novel, cerita fiksi, menurut saya bahasanya lebih sulit dipahami.

Jika Anda menemukan dan membaca ebook yang Anda sukai di saat free trial Scribd Subcription, saya memiliki trik untuk menyimpannya untuk waktu yang tak terbatas dan tanpa terhubung internet (offline). Artinya, Anda bisa membacanya meskipun free trial Anda sudah berakhir. Mungkin lain waktu akan saya share. Jika duit Anda banyak silakan berlangganan terus per bulan.

Silakan daftar akun di Scribd sekarang, gratis free trial untuk berlangganan membaca ebook, dan bagikan pengalaman membaca Anda.

Terima kasih.



5 comments: