Thursday, October 9, 2014

Mengenal ebook, Buku Elektronik

Ebook, e-book, atau electronic book, bisa diterjemahkan buku elektronik, adalah buku dalam bentuk digital berisi teks dan gambar. Untuk membacanya kita memakai komputer, bisa berbentuk PC, smartphones, tablet, atau ebook reader.
Format file ebook yang sering saya temui:
  1. Portable Digital Format (PDF)
  2. Epub
  3. Mobipocket (mobi, prc)
  4. Amazon Kinde (azw, azw3)
  5. Executable files (exe)
  6. DJVU
  7. Text files (txt)
  8. Office documents (doc, docx, rtf)
Untuk mengenal lebih lanjut format file tersebut di atas bisa di-googling atau cari di http://www.fileinfo.com.
Ebook bisa dengan mudah dicari di internet. Banyak sekali jenisnya, mulai dari fiksi (novel, cerpen, dsb.), non fiksi, dan lain sebagainya. Anda tinggal mencarinya lewat mesin pencari Google, Bing, atau yang lain. Ebook ada yang dijual, disediakan secara gratis, ada pula yang sebenarnya dijual tetapi Anda bisa mendapatkan dengan gratis untuk sebagian isi ebook maupun seluruhnya.

Beberapa Sumber Ebook di Internet

Gutenberg Project
Proyek Gutenberg adalah  adalah upaya sukarela untuk mendigitalkan dan arsip karya budaya, untuk "mendorong penciptaan dan distribusi eBook". Perusahaan ini didirikan pada tahun 1971 oleh Michael S. Hart dan perpustakaan digital tertua. Lebih lanjut ke www.gutenberg.org.

Amazon
Amazon adalah perusahaan yang menjual ebook secara online terbesar di dunia saat ini. Perangkat untuk membaca ebook, disebut kindle dengan berbagai jenisnya, juga dijual olehnya. Perusahaan dari Amerika ini berperan mempopulerkan ebook dan ebook reader, khususnya di Amerika Serikat.

Scribd
Scribd adalah perpustakaan digital, menampilkan layanan berlangganan ebook yang mencakup buku terlaris New York Times dan klasik.

Google Books
Merupakan perpustakaan buku yang dibuat Google dari berbagai penerbit dan sumber lainnya. Anda bisa mencari sebuah buku, membaca review, sinopsis, membaca sebagian atau seluruh isi buku secara gratis.

Bookzz
Perpustakaan buku gratis yang bisa diakses di www.bookzz.org.

Untuk mencari sumber ebook di internet tentu masih banyak yang lainnya dan selalu dinamis (berkembang), Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari.

Membaca tentu banyak manfaatnya, termasuk membaca buku dalam bentuk elektronik, misalnya untuk mendukung pendidikan di sekolah, menambah wawasan pengetahuan, dan mengisi waktu luang. Ebook mempunyai kelebihan dibanding buku dalam bentuk kertas. Ebook bisa didapat lebih murah, menghemat pemakaian kertas, efisien. Ebook juga lebih mudah dibawa kemana-mana, dengan jumlah lebih banyak. Selain itu terdapat fitur-fitur teknologi tertentu yang sangat membantu pembaca ebook, misalnya:
- ada menu pencarian
- bookmark (menandai halaman-halaman tertentu)
- membuat catatan (anotasi)
- kamus yang sudah tertanam
- sinkronisasi antar beberapa perangkat pembaca ebook tentang halaman terakhir yang dibaca
- navigasi daftar isi ebook yang mudah dan cepat
Fitur-fitur tersebut bisa Anda jumpai di Amazon Kindle untuk komputer PC maupun dalam aplikasi android.
Untuk itu perlu kiranya kita mencoba mengenal ebook dan memperkenalnya untuk anak-anak kita, khususnya yang masih sekolah.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment